RESEP & CARA MEMBUAT DONAT 🍩

Berikut adalah bahan-bahan dan langkah-langkah untuk membuat donat:





Bahan-bahannya, antara lain :

1. 500 gram tepung terigu serbaguna

2. 70 gram gula pasir

3. 11 gram ragi instan

4. 200 ml susu hangat

5. 2 butir telur

6. 60 gram mentega ( lelehkan )

7. 1/2 sendok teh garam

8. Minyak untuk menggoreng







Bahan untuk taburan (opsional):

Gula halus
Cokelat parut
Selai atau hiasan lainnya






Langkah-langkah:

1. Dalam mangkuk besar, campurkan ragi instan dengan susu hangat. Aduk rata dan biarkan selama 5-10 menit hingga ragi mulai berbusa.

2. Tambahkan tepung terigu, gula pasir, telur, mentega leleh, dan garam ke dalam mangkuk yang berisi campuran ragi. Aduk semua bahan secara merata hingga membentuk adonan yang lembut dan elastis.

3. Pindahkan adonan ke permukaan datar yang ditaburi sedikit tepung terigu. Uleni adonan selama sekitar 10-15 menit hingga adonan menjadi kalis dan elastis.

4. Letakkan adonan dalam mangkuk besar yang telah diolesi minyak, kemudian tutup dengan kain bersih atau plastik wrap. Biarkan adonan fermentasi selama sekitar 1-2 jam atau hingga adonan mengembang dua kali lipat.

5. Setelah adonan mengembang, kempiskan adonan dengan menekannya dengan tangan. Gulung adonan dengan rolling pin hingga memiliki ketebalan sekitar 1 cm.

6. Gunakan cetakan donat untuk memotong adonan menjadi bentuk donat. Jika tidak memiliki cetakan donat, Anda bisa menggunakan gelas dengan diameter berbeda untuk memotong lingkaran besar dan lubang tengahnya.

7. Letakkan donat yang telah dipotong di atas loyang yang ditaburi tepung terigu. Biarkan donat mengembang selama sekitar 30-45 menit hingga mengembang secara signifikan.

8. Panaskan minyak dalam wajan dengan api sedang. Pastikan minyak cukup dalam agar donat bisa terendam saat digoreng.

9. Masukkan donat satu per satu ke dalam minyak panas. Goreng donat hingga kedua sisi berwarna kecokelatan. Angkat donat dan tiriskan dari minyak.

10. Biarkan donat agak dingin, kemudian taburi dengan gula halus atau hiasan lainnya seperti cokelat parut atau selai.


11. Donat siap disajikan dan dinikmati!





 CATATAN : Pastikan minyak dalam keadaan cukup panas saat menggoreng donat agar donat matang merata dan tidak terlalu menyerap minyak. Selain itu, selalu berhati-hati saat menggunakan minyak panas dan gunakan perlengkapan pengaman seperti spatula atau sumpit panjang untuk membalikkan donat.